Khasiat Tanaman Sanrego – Tanaman Herbal Obat Kuat

Khasiat Tanaman Sanrego, Obat Herbal Tahan Lama

Khasiat Tanaman Sanrego - Tanaman Herbal Obat Kuat

Khasiat Tanaman Sanrego – Tanaman Herbal Obat Kuat

Ada banyak Obat Herbal Tahan Lama di Indonesia, salah satunya adalah sanrego. Khasiat Sanrego sebagai bahan obat kuat herbal adalah sebagaimana tertulis dalam buku Pengobatan Tradisional Trubus NO. 360 EDISI November 1999, dikisahkan bahwa ada seorang petani di Desa Sanrego Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan tengah yang memanfaatkan sanrego sebagai obat kuat herbal setelah dia takjub melihat kudanya menjadi lebih perkasa. Kuda itu melampiaskan hasrat seksualnya pada kuda-kuda betina di sekitarnya. Ternyata kuda itu mengkonsumsi daun sanrego. Sejak saat itulah sanrego populer sebagai bahan herbal obat kuat.

Informasi Sanrego sebagai herbal obat kuat inilah yang kemudian dibuktikan oleh Sudirman (nama samaran), dengan minum seduhan Sanrego 5 gelas berturut-turut. Sudirman dikaruniai anak dari istri barunya dan impotensinya sembuh total. Padahal sebelumnya, selama 5 tahun mengarungi bahtera rumah tangga ia tidak bisa memberikan nafkah batin pada istri karena terserang impotensi pada minggu pertama setelah pernikahan yang menyebabkan petaka perceraian dengan istri pertamanya. Hal yang sama juga dialami Asmuddin dari Bone yang mengalami impotensi karena suka “jajan”. Impotensinya sembuh dengan air rebusan Sanrego.

Sanrego merupakan perdu, tinggi maksimal 12 m dan berdiameter batang 15 cm. Masyarakat Jawa menyebutnya kemaitan atau maitan; Maluku, bungkus kusu. Tanaman obat anggota famili Rutaceae itu mengandung senyawa aktif golongan alkaloid dan terpenoid. Kedua senyawa itu diduga kuat sebagai pemicu afrodisiak. Menurut Sidney Goodwin, periset di National Heart Institute, sanrego mengandung sekitar 10 jenis alkaloid dan quinolin.

Lunasia amara yang kemudian disebut Sanrego sudah diteliti secara ilmiah. Lunasia Amara (sanrego) bersifat alami sehingga aman dan tidak menimbulkan ketergantungan. Khasiatnya untuk membangkitkan kejantanan pria sudah diakui banyak orang dan juga diakui oleh dr. Boyke yang merupakan seksolog ternama. Selain sebagai pembangkit “semangat” tanaman Sanrego juga secara tradisional sering digunakan sebagai obat diabetes, antidiare, penawar racun makanan, malaria, obat kelainan kulit dan gigitan ular.

Keampuhan Sanrego sebagai jamu kuat telah diteliti oleh akademisi, yaitu diantaranya Prof. Dr. H. Muhsin Darise, M.Sc, Guru Besar Farmasi UNHAS, Ludvina S. De Padua dari Filipina, Linda S dan Mimi D. dari UNHAS, serta Nurbita peneliti dari Universitas Pancasakti. Saking yakinnya Prof. Dr. H. Muhsin Darise, M.Sc yang merupakan lulusan S1 ITB tahun 1974, S2 dan S3 Hirosima University Jepang dalam bidang farmasi tahun 1981 dan 1985 mengatakan “Saya jamin kehebatan kayu L. Amara meningkatkan gairah seks laki-laki”.

Riset terbaru pada 2009 dilakukan oleh Muhamad Jafar Lutfi, peneliti di Fakultas Sain dan Teknologi, Universitas Kebangsaan Malaysia. Ia menguji kualitas sperma 40 tikus yang mengkonsumsi rebusan kulit batang sanrego. Menurut Lutfi meningkatnya kesuburan tikus setelah mengkonsumsi sanrego dipicu oleh adanya peningkatan jumlah dan pergerakan sperma. Riset ilmiah itu semakin mengukuhkan khasiat sanrego sebagai herbal obat kuat dan risetnya tersebut juga sejalan dengan hasil penelitian Dr Subagus Wahyuono, peneliti di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada.

Selain meningkatkan kebugaran serta kejantanan, manfaat lain dari sanrego, adalah untuk mengobati berbagai penyakit. Air rebusan daun sanrego dan sedikit tawas mengatasi bagian tubuh yang bengkak dan penyakit kulit. Sanrego banyak digunakan oleh herbalis untuk pengobatan gastralgia—kondisi dinamik dari organ pencernaan.

Produk herbal yang mengandung kandungan Sanrego

Referensi:

Sanrego, Pembangkit “Semangat” dari Timur

Bukti Setangguh Turangga


http://jualtanamanhias.net/wp-content/uploads/2014/04/sanrego-lunasia-amara.jpg

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *