Herbal Daun Yakon

Daun yakon dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan dengan cara meningkatkan konsentrasi insulin dalam plasma (Volpato et al, 1997; Aybar et al, 2001; Valentova et al, 2001).

Penelitian di Indonesia juga membuktikan efek antidiabetes ekstrak daun yakon yang menunjukkan adanya penurunan kadar gula darah sampai 72% hanya dalam waktu 20 hari setelah diberikan dengan ekstrak daun yakon.

Disamping itu daun yakon juga diketahui dapat memberikan efek perbaikan sel beta pangkreas yang rusak (Anshory, et al, 2014).

Menurut Dr. Sri Widowati (peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor), Yakon kaya dengan insulin dimana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat difermentasi oleh usus besar.

Pakar penelitian Yakon, Michael Hermann dari Research Project leader of the Andean roots and tubers, mengungkapkan Yakon sendiri kandungan fruktosanya 35% free dan 25% terikat. Sehingga karbohidrat tetap didapat meskipun konsentrasi gula darah rendah.

Keadaan inilah yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia (over-aktivitas) dan karenanya dengan konsumsi Yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah. Itu berarti yacon secara alami terbukti rendah kalori.

Showing all 7 results